Cara menpasword dokumen open office excel (openOffice.org 1.0 Spreadsheet)ada 2 cara yaitu :
A. Proteksi dokumen agar hanya pemilik saja yang dapat membuka dokumen itu. Tidak diperlukan membuat password ulang saat merubah isi dokumen.
B. Proteksi lembar kerja, meskipun dokumen dapat terbuka tetapi hanya pemilik saja yang dapat merubah isi lembar dokumen tersebut. setiap melakukan perubahan isi dokumen harus membuat password baru.


A. Proteksi Dokumen
1. File – Safe As
Beri nama sembarang file pada kolom “File Name” (missal : agus)
Pada kolom “Save as type:” pilih OpenOffice.org 1.0 Spreadsheet (.sxc)

2. Beri tanda centang pada point “Save With Pasword”

3. Isi password yang diinginkan dengan jumlah minimal 5 karakter (misal 12345) dan isi kolom “confirm” dengan kode yang sama dengan paswordnya, akhiri dengan OK:

4. Dokumen telah terpasword, untuk membuktikannya tutup dokumen anda kemudian buka kembali dokumen tersebut, maka akan muncul konfirmasi password.
Untuk dapat membukanya,anda harus memasukan password yang benar (misal :12345)

5. Anda tidak perlu membuat password baru setiap anda merubah dokumen, karena password ini hanya digunakan sebagai password saat membuka dokumen saja.


B. Proteksi lembar kerja
1. Tools – Protect – Sheet…
Sehingga pilihan ‘sheet…’ tersebut akan tercentang.

2. Masukan kode password yang anda inginkan dengan jumlah karakter bebas (misal :1234) dan isi kolom “confirm” dengan kode yang sama dengan passwordnya (1234), akhiri dengan “OK”.

3. Sekarang isi dokumen anda telah terkunci dan tidak dapat dirubah isinya, sehingga dokumen hanya dapat dibuka/ditutup dan dicetak(print). Untuk menonaktifkan password tersebut cukup dengan hilangkan tanda centang pada pilihan ‘sheet’ yaitu dengan klik : Tools – Protec Dokument – Sheet… :

4. Masukan kode password yang telah anda buat (1234), akhiri dengan “OK”

5. Sekarang lembar dokumen anda telah dapat dirubah, untuk menguncinya kembali ulangi langkah nomor 1 dan 2.